Kelebihan dan Kekurangan Mobil Transmisi Otomatis CVT

Serabi otomotif -  apa kabar bro… semoga sehat selalu. Lama ga update kali ini admin mau kasih info kelebihan dan kekurangan transmisi Otomatis CVT. Dewasa ini mobil metik bertransmisi otomatis makin populer. Yang sedang beken saat ini adalah mobil metik CVT.

Kelebihan transmisi Otomatis CVT

Makin populernya penggunaan transmisi otomatis CVT menunjukan bahwa ada kelebihan yang bisa di peroleh dengan menggunakan komponen tersebut. secara umum ada kekuranag dan kelebihan dengan menggunakan transmisi Otomatis CVT namun keunggulannya lebih banyak.

Keunggulan mobil CVT

1. Lebih lembut dalam berakselerasi.
Dengan menggunakan transmisi otomtis CVT tidak ada lagi perpindahan gigi seperti pada transmisi metik konvensional. Pada meetik konvensional masih ada perpindahan gigi 1 dan 2 sedangkan pada CVT tidak ada. Sehingga pada saat mobil di bejek lebih kencang di jalanan tidak ada hentakan yang dirasakan. 
Kelebihan dak Kekurangan Mobil Transmsi Otomatis CVT
Datsun Cross salah satu mobil metik pakai CVT

2. Lebih irit bahan bakar
Dengan menghubungkan 2 puli menggunakan sabuk/belt dari baja maka putaraan mesin lebih terkontrol dan stabil. Perputaran mesin yang lebih stabil membuat konsumsi bahan bakar makin irit.

Kekuarangan Mobil CVT

1. Biaya lebih mahal saat rusak

Jika mobil CVT rusak biasanya memakan lebih banyak biaya karena membawa komponen yang lebih komplek apa lagi yang kena daerah CVT.

2. Akselerasi harus di urut/ tidak bisa spontan

Memakai mobil CVT tidak bisa mobil tiba - tiba langsung kenceng. Berbeda dengan mobil bertransmisi manual yang bisa di bejek langsung kenceng. Untuk mobil otomatis CVT harus diurut untuk mendapatkan kecepatan tertinggi. Alasan inilah mengapa transmisi CVT jarang di pakai pada mobil sport.

Kesimpulan

Kelebihan
  • Irit bahan bakar
  • Lebih lembut saat berakselerasi
Kekurangan
  • Biaya mahal jika rusak
  • Akselerasi spontan susah didapat
Ok bro itulah Kelebihan dak Kekurangan Transmsi Otomatis CVT,




Komentar di moderasi... berkomentarlah sesuai topik.
EmoticonEmoticon