Tips cara keluar mobil yang terjebak banjir

Serabi otomotif – Apa kabar bro hari ini. maaf baru bisa update nih. Sekarang sudah musim hujan dan terkadang hujan datang tidak pake permisi. Bisa karena banjir bandang atau air bah mobil bisa kelelep banjir. Bagaiamana cara keluar mobil yang benar saat terjebak banjir? Berikut tips cara keluar mobil yang terjebak banjir.

Yang paling utama saat mobil kelelep karena banjir adalah jangan panik. Sikap panik justru akan membuat keadaan makin buruk.

  • Jika mobil hanya kelelep sebagian alias belum seluruh badan mobil kelelep banjir, misal baru setengah bagian mobil kelelep, maka sobat bisa membuka pintu mobil dan segera keluar dari mobil dan banjir.

  • Jika mobil kelelep sampai penuh alias kita terkepung banjir dari segala sisi, maka jangan buka pintu mobil. Biasanya pintu sudah tidak bisa dibuka karen system elektronik sudah rusak. Tidak perlu panik, pecahkan kaca mobil dengan palu pengaman atau jika tidak punya bisa menggunakan headrest.
Pecahkan kaca mobil dengan bagian logam dari headrest tersebut. Pecahkan kaca bagian samping jangan bagian depan. Kemudian keluar dari mobil dan segeralah menyelamatkan diri.

Tips cara keluar mobil yang terjebak banjir

5 tips selamat dari banjir dengan mobil


Untuk mencegah hal –hal yang tidak di inginkan karena banjir, sobat bisa mengikuti tips berikut ini.

  1. Jangan memaksakan diri menerobos banjir jika tidak tahu pasti kedalam banjir yang akan di lalui.
  2. Hindari menerjang banjir yang tingginya melebihi ketinggian knalpot atau saringan udara dari mobil anda. Jika tetap memaksa melakukannya bisa terjadi water hammer. Air masuk ke ruang bakar dan menghatam piston, piston bisa bengkok dan mesin bisa hancur.
  3. Jika harus terpaksa melewati banjir dengan pertimbangan aman dilalui, gunakan gigi satu untuk mobil manual dan posisi L untuk mobil metik. Gunakan gas yang konstan atau rpm yang stabil dan jangan memainkan pedal gas karena bisa berakibat fatal.
  4. Jika mobil terendam banjir misal saat parkir, jangan buka kap mesin. Biarkan kap mesin tertutup.
  5. Keselamatan nyawa anda yang utama, jadi dahulukan keselamatan anda dari pada mobil anda.
Itulah tips cara keluar mobil dari jebakan banjir semoga bermanfaat…


Post a Comment

0 Comments