Tekanan ban yang benar saat musim hujan dan aspal basah

Bagaimaan tekanan ban yang dianjurakan saat musim hujan? Mungkin sobat sekalian ada yang belum paham atau mengerti. Sebagai user mobil terkadang kita hanya tahunya memakai saja. belum mengetahui detail apa yang harus kita ketahui. Sebagai user mobil paling tidak hal kecil harus kita katahui.

Bagaiaman tekanan ban yang seharusnya pada musim hujan?

Musim hujan tiap tahun kita mengalaminya. Namun terkadang ada yang luput dari pengawasan kita walupun terlihat sepele namun itu penting. Ya tekanan ban. Tekan ban yang seperti apa yang dianjurkan saat musim hujan?

Menurut Refil Hidayat, Sport Segmen Business Manager Michelin Indonesia dilansir dari detik, tekanan ban yang seharusnya ketika musim hujan adalah mengikuti aturan dari pabrik mobil itu sendiri. Tekanan ban yang sudah di anjurkan oleh pabrikan sudah sesuai dan cocok untuk jalanan basah maupun kering.

Musim hujan tekanan ban di kurang, benar atau salah?

Ada pendapat bahwa musim hujan tekanan ban harus di kurangi agar lebih ngegrip. Teryata pendapat itu salah bro karena jika tekanan angin dikurangi saat melintasi jalanan basah  akan terjadi aquaplanning atau ban akan kehilangan traksi. 

Jika di kurang tekanan angin pada ban permukaan ban yang menyentuh aspal makin besar namun saat hujan maka sentuhan dengan aspal akan berkurang karena adanya air antara aspal dengan ban. Sehingga ban bisa makin mengambang (floating). Floating inilah yang berbahaya karna grip ban ke aspal sangat minim. Maka isilah tekanan ban sesuai rekomendasai pabrikan.

Bagaimana kalau tekanan ban di perbesar saat melintas jalanan basah?

Hal tersebut jelas berbahaya sob....jika tekanan ban terlalu tinggi maka hanya bagian tengah yang menepel ke aspal. Sehingga permukan ban yang nempel ke aspal juga sedikit. Hal ini juga berbahya karena grip karet ban ke aspal kurang. Lagi-lagi isilah tekanan ban sesuai rekomendasi pabrikan.

Jadi bisa ditarik benang merah bahwa musim hujan atau aspal basah maupun kering gunakan tekanan ban yang sudah direkomendasaikan oleh pabrikan.

Komentar di moderasi... berkomentarlah sesuai topik.
EmoticonEmoticon