Tips Memilih Subwoofer Mobil 8,10 atau 12 inch

Serabi Otomotif – Mungkin ada di antara bro dan sis yang sedang menimbang-nimbang mau ganti Subwoofer pada audio mobil sobat? Bingung mau memilih Subwoofer Mobil? Mau pakai yang ukuran 8, 10 atau yang 12 inch? Jika bro dan sis mengalami kebingungan tersebut berikut tips memilih Subwoofer mobil yang pas buat anda.

Tips Memilih Subwoofer Mobil

Audio mobil memang terkadang kita butuhkan. Saat macet tidak ada  hiburan rsahya juga bosan. Apa lagi yang suka musik disco, tekno, idm ataupun funkot butuh audio dengn Subwoofer yang besar agar menghasilkan bass yang mengelegar.

Tips Memilih Subwoofer Mobil 8,10 atau 12 inch

Subwoofer merupakan speaker yang menghasilkan suara berfrekuensi rendah biasanya jedug – jedug nih bro and sis. Jika sobat suka bass yang besar maka pilihlah speaker yang pas.

Ukuran Subwoofer menjadi salah satu faktor yang harus di perhatikan saat memilih subwoofer. Karena beda ukuran suara yang dihasilkan juga berbeda frekuensinya. Berikut perbedaan frekuesni Subwoofer.

Subwoofer 8 inch   memiliki frekuensi 60-70 Hz
Subwoofer 10 inch memiliki frekuensi 40-50 Hz
Subwoofer 12 inch memiliki frekuensi 30 Hz

Jika sobat suka dengan lagu berfrekuensi rendah, seperti house musik sobat bisa memilih Subwoofer ukuran 12 inch.
Masalah terus timbul saat memilih subwoofer berukuran 12 inch. Butuh ruang lebih besar untuk dapat memasang subwoofer 12 inch. Untuk ukuran 12 inch butuh ruangan minimal 1 kubik kaki. 10 inch butuh ruang 0.8 kubik feet dan Subwoofer 8 butuh ukuran ruang 0.4-0.6 kubik kaki.

Yang paling umum digunakan adalah ukuran 10 inch. Memang ada Subwoofer 12 inch dengan box kecil namun butuh power lebih besar untuk mendapatkan suara yang bagus.

Jadi pilihlah Subwoofer yang sesuia keinginan, makin besar ukuran Subwoofer frekuensi makin kecil namun pemasangan butuh tempat lebih besar. jadi bijaklah memilih dan sesuaikan dengan ukuran mobil sobat.


Ok bro and sis itulah tips memillih Subwoofer untuk audio mobil jika di hadapkan pada pilihan pilihan ukuran speaker 8, 10 atau 12 inch. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments