Bahan bakar Pertamina Euro IV : pertamax dan pertamax turbo

Bahan bakar pertamina Euro IV sudah berhasil di produksi oleh Pertamina. Kilang minyak Balongan menjadi salah satu kilang minyak Pertamina yang sudah berhasil memproduksi bahan bakar low sulfur High Quality berstandar Euro IV. Ada 2 jenis BBM yang sudah berstandar Euro4 yaitu Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo dengan RON 98.

Pertamax Bahan bakar pertamina Euro IV

Untuk membuat BBM dengan standar EURO IV Pertamina harus mengupgrade peralatan sehingga dapat memproduksi BBM dengan satndar Euro IV. Upgrade inilah yang membutuhkan waktu. Untuk memproduksi Pertamax  Euro IV Pertamina harus membuat campuran  yang terdiri atas  RCC Naptha 44 persen dan HOMRC ex KLBB 56 persen. Produkisnya mampu digeber hingga 700MB per bulan.

Pertamax Turbo Bahan Bakar Pertamina Euro IV

Untuk memproduksi Pertamax turbo Euro IV Pertamina melakukan blending yang berupa Polygasoline ex Unit 20 (Catalytic Condensation Unit) sebesar 42 persen dan HOMC ex KLBB sebesar 33 persen dan RCC Naptha sebesar 25 persen. Kemampuan produksi Pertamax Turbo Euro 4 sebesar 60 MB per bulan.
Bahan bakar pertamina Euro IV, pertamax dan pertamax turbo

Jumlah Bahan bakar Pertamina Euro IV masih terbatas

Walaupun pertamina sudah mampu menghasilkan BBM berstandar Euro IV untuk produk Pertamax dan Pertamax Turbo, Pertamina belum mengumumkan secara resmi kepada publik. Hal tersebut dilakukan karena produksi bahan bakar dengan standar Euro 4 masih terbatas dan belum menjangkau seluruh Pom  bensin Pertamina. Dengan cumlah masih terbatas, pertamina sudah mendistribusikan BBM ber standar Euro IV ke pom bensin jaringannya. Jadi masyarakat yang memakai Pertamax  dan Pertamax Turbo kemungkinan besar sudah memakai BBM dengan standar Euro IV. Apakah anda pakai Pertamax atau Pertamax Turbo?

Komentar di moderasi... berkomentarlah sesuai topik.
EmoticonEmoticon